Pengaruh Perbandingan Final Gear
Berbicara mendongkrak akselerasi motor, banyak cara yang bisa ditempuh. Mulai dari oprek mesin, kelistrikan sampai mekanik. Salah satunya adalah penggantian rasio gir atau saya lebih prefer menyebutnya final gear (depan dan belakang). Meskipun cara ini tergolong murah karena hanya menebus beberapa puluh ribu saja namun efektif juga lho.
Perlu diingat, perbandingan final gear dirancang sedemikian rupa oleh pabrikan dengan berbagai riset yang membutuhkan waktu lama. Hal ini dimungkinkan bahwa motor yang notabenenya sebagai sarana publik mampu melibas segala macam kondisi jalan baik itu jalan mendatar ataupun yang berkarakter tanjakan.
Namun, yang namanya manusia dalam hal ini biker sering kali memodifikasi motor tanpa perhitungan. Misal, pengaplkikasian Ban Besar. Maksudnya sih, ingin tampilan motor kesayangan bak motor-motor motogp. Tapi sayang, sering kali hal tersebut tak dihiraukan biker. Padahal, pengaplikasian ban gambot, akan memaksa mesin motor bekerja lebih berat dari biasanya. Hal ini yang menyebabkan usia pakai mesin motor akan menjadi pendek.
Bila memang demikian, bro/sis biker yang suka ganti ban gambot patut memperhitungkan mengganti final gir motor kesayangan. Untuk apa? Tentunya untuk meringankan kinerja mesin. Bisa dengan menaikkan mata gir belakang 1-2 mata dari gir standar. Misal yamaha vixion, dari pabrikan motor ini dibekali perbandingan final gear 14/42. Untuk menghitungkan mudah, Angka mata gir belakang dibagi angka mata gir depan, hasilnya 42 : 14 = 3,0. Jika mengaplikasikan ban gambot ukuran 130/70-17 tentunya akan memperberat kinerja mesin, oleh karena itu bisa mengubah perbandingan final gear menjadi 14/44, dengan perhitungan 44 : 14 = 3,14. Meskipun hanya naik sebesar 0,14 namun dalam kenyataannya akan terasa signifikan.
Tapi, ada tapinya nih bro/sis. Mengubah nilai final gear dari standarnya akan berefek pada top speed dan akselerasi. Semakin besar nilai yang dihasilkan dari perbandingan final gir akan berdampak pada peningkatan akselerasi (tarikan motor menjadi ringan)tapi mengorbankan top speed. Sebaliknya, semakin kecil hasil perbandingan final gear maka semakin meningkatkan top speed namun akan menurunkan akselerasi motor. Khusus untuk poin peningkatan top speed, tak akan dirasakan secara signifikan karena keterbatasan power motor dalam kondisi standar. Perlu tambahan lain seperti CDI unlimiter untuk mendongkrak top speed tersebut. (fnc)
Berikut Daftar Perbandingan FINAL GEAR (SPROCKET)
Dibuat berdasarkan urutan top speed paling tinggi sampai top speed paling rendah
atau akselerasi paling rendah sampai akselerasi paling tinggi. Monggo disimak :
15/33 = 2.2
15/34 = 2.266
15/35 = 2.333 => Vega R,Supra X125
14/33 = 2.357
15/36 = 2.4 => Jupiter Z
14/34 = 2.428
15/37 = 2.466 => RX-King, Vega R
14/35 = 2.5
15/38 = 2.533
13/33 = 2.538
14/36 = 2.571
15/39 = 2.6 => Jupiter MX 135
13/34 = 2.615
14/37 = 2.642
15/40 = 2.666
13/35 = 2.692
14/38 = 2.714 => New Jupiter MX 135
15/41 = 2.733 => New Vega ZR
12/33 = 2.75
13/36 = 2.769
14/39 = 2.785 => F1-ZR
15/42 = 2.8
12/34 = 2.833
13/37 = 2.846
14/40 = 2.857 => Byson
15/43 = 2.866
12/35 = 2.916
13/38 = 2.923
14/41 = 2.928
15/44 = 2.933 => CBR 150
12/36 = 3
13/39 = 3
14/42 = 3 => Vixion / CS1
15/45 = 3 => GL Pro Neo Tech
14/43 = 3.071 => Satria FU
13/40 = 3.076
12/37 = 3.083
14/44 = 3.142
13/41 = 3.153
12/38 = 3.166
14/45 = 3.214
13/42 = 3.230
12/39 = 3.25
13/43 = 3.307
12/40 = 3.333
13/44 = 3.384
12/41 = 3.416
13/45 = 3.461
12/42 = 3.5
12/43 = 3.583
12/44 = 3.666
12/45 = 3.75
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTerima Kasih Om info nya
BalasHapusSama-sama mas dika
Hapusklo biar ringan njmx 2011 kasih final gear brp
BalasHapusBingung nih milih rasio nvl apa cbr 150 buat new jupi mx non kopling gua haduh -_-
BalasHapusMisal Honda CS1 kan 14/42,mau saya besarkan pakai gear Kawasaki KLX 150 yang14/44.
BalasHapusRantainya gimana mas? Pake punya CS1 atau ukuran KLX(beli satu gear set sekalian)?
Kalau mau nurunin jumlah gear belakang vixion lama ganti gear punya apa ya
BalasHapusKalau mau nurunin jumlah gear belakang vixion lama ganti gear punya apa ya
BalasHapusKalau mau nurunin jumlah gear belakang vixion lama ganti gear punya apa ya
BalasHapusSaya pake gir depn 14 belakang 41 = 2.928..buat fu..rantainya masih bingung
BalasHapusSonic gue pake 40:14 ban 90/80-17
BalasHapusFu injeksi asline 14/38 la ni tak ganti SSS 14/39 berpengaruh apa gan!!??
BalasHapusmau tanya apa kah gear klx bisa di pasang ke cs1...terus apa yang haus diubah bos...
BalasHapusMisalkan ban supra gtr belakang ori 120/70 dangan final gear 15/44 trus saya upgrade ban menjadi 120/80, trus saya harus ganti gear belakang berapa ya om, trims
BalasHapusGear sss 15 banding 34? Gimana min?
BalasHapusMemalukan. Ini salah satu blog miskin literasi dengan konten artikel copy paste dari artikel aslinya yang bahkan tidak mau mencantumkan sumber informasinya. Untuk semua pembaca, artikel aslinya ada disini
BalasHapushttps://fncounter.wordpress.com/2013/01/01/pengaruh-perbandingan-final-gir-rasio-antara-akselerasi-dan-speed/