Senin, 13 Mei 2013

Menentukan Gigi rasio ideal


Cara memilih Gigi rasio

 



Bikin motor ngibrit bisa ditempuh lewat cara menghitung perbandingan gigi rasio pada girboks mesin. Tinggal pilih sesuai kebutuhan motor. Buat road race, drag bike atau harian yang sudah mengadopsi mesin semi atau full korek.



Ketiganya punya karakter perbandingan rasio berbeda. Makanya, jangan sampai salah pilih! Akibatnya, motor bukan enak diajak lari malah jadi ngoyo atau bisa juga terlalu liar.



Hitungannya, makin dekat hasil perbandingan gigi, berarti rasio makin close alias rapat. Enggak sedikit mekanik, menyebutnya dengan istilah rasio ringan. Sebaliknya. Makin jauh hasil pembagian gigi, artinya makin berat.



ROAD RACE
Banyak mekanik bilang, kalau buat road race perbandingan gigi harus lebih ringan. “Itu karena di trek dadakan atau biasa disebut pasar senggol,” ujar Andy Susanto dari tim balap Suzuki Top 1 Puma Bali (STOPB).
Biasanya buka-tutup gas sering terjadi. Rpm mesin biasa dipaksa main di putaran bawah juga. Akhirnya, tenaga mesin butuh ditopang perbandingan rasio lebih enteng. “Supaya rpm cepat naik. Larinya juga tak ngedrop saat pindah persneling,” tambah pria yang dibantu Ucil Puma sebagai pembalap di tim STOPB.



Mengakalinya, kebanyakan mekanik hanya bermain di gigi rasio 2 dan 3. Artinya, gigi dua makin dekat dengan gigi satu dan gigi empat makin dekat dengan gigi 3. “Tapi jangan lupa. Sebelum pilih, lihat karakter sirkuit dulu. Kalau buat Sentul Besar, tentu perbandingannya beda,” ungkap Andy.

DRAG RACE
Justru kebalikan dari gigi rasio yang dipakai buat road race. Buat drag, butuh rasio lebih berat. “Itu karena butuh rpm mesin yang lebih tinggi,” bilang H. Syahroni, pemilik tim balap drag dan road race GMC.
Selain itu, kompresi mesin yang dianut juga lebih tinggi dari pacuan balap aspal. Baik itu buat drag lintasan 201 atau 402 meter. Rasio berat, putaran mesin pun jadi lebih lama bergasing.
“Pernah komparasi rasio ringan dan berat buat motor drag. Saat gigi satu, motor rasio ringan memang mengalahkan motor rasio berat. Tapi masuk gigi 2 dan seterusnya, motor rasio ringan tertinggal jauh dengan motor rasio berat,” ungkapnya.
 Nah, pakai rasio berat, nafas mesin lebih panjang. Tinggal akali komposisi final gear. Bisa pakai gir belakang lebih besar.

KOREK HARIAN
Bisa dibilang, ini paduan dari kedua karakter road race dan drag bike. Karena motor kohar (korek harian), ada juga yang biasa main di lintasan 800 meter lebih. Motor butuh nafas lebih panjang ketimbang di road race dan drag. “Biasanya gigi 2 dan 3 bermain di rasio standarnya,” kata H. Syahroni, lagi.



Soalnya jika tiap gigi makin close, maka nafas mesin jadi cepat habis. Padahal, karekter mesin butuh nafas panjang yang punya entakan kuat tiap perpindahan gigi. Apalagi jika motor itu memang dimainkan di lintasan 800 meter atau lebih! Pakai perbandingan gigi terlalu ringan, jadi kayak singkong diragiin. Tape deh! Eh salah, capek deh!



HITUNG MATA TERBANYAK
Enggak sedikit mekanik yang kurang paham gigi rasio. Maksudnya, itu gigi berapa dan di mana letaknya. “Iya tuh, banyak yang beli tapi balik lagi dan minta ditukar karena salah ukuran,” cerita Dodo dari Dodo Racing di Jl. Ciledug Raya, Tangerang.



Menurut Dodo lagi, mengetahuinya cukup mudah. Misal gir di gigi primer. Makin kecil jumlah mata gir, itu artinya gigi makin rendah. Misal, gigi 12 mata dan gigi 17 mata. Maka, jumlah mata 12, itu gigi terendah.



Begitu selanjutnya. Makin besar angka, itu artinya gigi makin besar atau tinggi. Tapi lain lagi hitungan di gigi sekunder. Komposisinya, makin kecil angka itu artinya gigi makin besar.

22 komentar:

  1. om ada contoh ukuran gear rasio untuk motor jupiter mx 4sped 200cc gak om yang baik untuk 201m ?????

    BalasHapus
  2. Mari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ORG
    Disini mudah menang lohh say..
    Tersedia 8 Games dalam 1 id
    Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
    Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ORG
    Contact :
    BBM ; D8B8BD43
    Line : wedeqq
    WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
    Tunggu apa lagi sayy
    Ayoo daftar di WDQQ . ORG

    BalasHapus
  3. Om Jupiter z bisa ngga pakai rasio full set punya MX 5speed

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf bosku.
      Saya mau nanya, rasio ntk suzuki smash,
      Itu bagusnya di ganti full set,atau gmn bosku.
      Terimakasih.

      Hapus
    2. Kali Shogun 110 aplikasikan nya pake rasio apa om biar jos

      Hapus
  4. Saya cari gigi rasio motor yamaha L2super untuk balap cross ...mungkin ada yg cocok dari motor lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama om gue juga mau ngakali ger rasio. Biar agak enak dikit

      Hapus
  5. Jadi gir berat itu contoh perbandingan nya berapa dan sebalik nya, klo gir di bikin berat apa efeknya d motor dan sebaliknay?

    BalasHapus
  6. Bos rxz sy kan standart nya pake gigi primer uk 22. Nah mau di ganti pake uk 20. Apakah jadi berat atau jadi enteng buat putaran bawah dan tengah,

    BalasHapus
  7. Bos rxz sy kan standart nya pake gigi primer uk 22. Nah mau di ganti pake uk 20. Apakah jadi berat atau jadi enteng buat putaran bawah dan tengah,

    BalasHapus
  8. Rasio ukuran berapa yang pas untuk motor jupiter z pakai seher 59

    BalasHapus
  9. Permisi bang mhon jwbnnya gigi rasio satria 2t di pasang di fiz r cocok kah? pnp gak??

    BalasHapus
  10. Bos mau tanya gigi dua supaya enteng gmna

    BalasHapus
  11. Mas rasio buat 300cc jarak 500m gigi 124 bagus pake berapa Mata gir??

    BalasHapus
  12. Mas rasio buat 300cc jarak 500m gigi 124 bagus pake berapa Mata gir??

    BalasHapus
  13. Mas rasio buat 300cc jarak 500m gigi 124 bagus pake berapa Mata gir??

    BalasHapus
  14. Vega lama 160cc kalo buat harian biar enak jalan gimana om gigi rasionya pake ukuran berapa

    BalasHapus
  15. Para nubi berkomentar........!!!!,

    Kao pada penasaran siapkan dana, dan kemudian bawa dan percayakan ke bengkel langganan.

    Untuk ubah total gir box rasio minimal 1,3 jt sampai 2,5 jt'an

    BalasHapus
  16. Oplos gigi 5 megapro enaknya turu berapa om?

    BalasHapus